Ads 468x60px

Mulok Lingkungan Hidup Belum Sepenuhnya Dijalankan Tiap Sekolah

Meski sudah ditetapkan sebagai Kurikulum Muatan Lokal (Mulok), namun ternyata  tidak semua sekolah dapat menerapkan Pendidikan Lingkungan Hidup sebagai satuan mata pelajaran. Salah satu kendalanya, minimnya tenaga pengajar yang khusus membidangi masalah lingkungan hidup.

  
“Padahal adanya mata pelajaran PLH disekolah didasari adanya keprihatinan akan kondisi lingkungan hidup yang semakin menurun,” kata Edi Suparjoto, salah satu pengajar di SMP 15 kepada SembilanNews belum lama ini. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal, Lanjut Edi, merupakan sarana paling efektif, dengan alasan bahwa siswa sekolah adalah objek yang paling mungkin untuk menerima perubahan. “Tentu saja didasarkan atas harapan bahwa dengan adanya pendidikan lingkungan hidup disekolah maka akan tercipta lingkungan sekolah yang bersih,” jelasnya.
Dalam referensinya, inti utama dari permasalahan lingkungan hidup berawal dari pola perilaku dan cara pandang manusia yang kurang paham akan arti penting lingkungan bagi kelangsungan hidup, sehingga terkadang manusia menjadi serakah seperti mengeksploitasi lingkungan secara berlebihan untuk kepentingan ekonomi. “Jadi perlu adanya perubahan terutama dari pola pikir atau mindset masyarakat untuk dapat menjaga lingkungan sekitar dari kerusakan,” tandasnya. Meski begitu dirinya masih berharap, peran Pemerintah selaku pemegang regulasi, bisa lebih optimal lagi, sehingga pelaksanaan kurikulum mulok lingkungan hidup bisa mencapai harapan semua pihak.
Senada dengan Edi, Alfian Rajibullah, (23), salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), yang juga penggiat pencinta alam menyatakan, pembelajaran pendidikan lingkungan hidup di sekolah belum sampai ke tahap pemahaman lebih lanjut dikarenakan masih kurangnya inovasi dan praktek secara langsung oleh siswa. “Hal ini juga yang menjadi persoalan lain selain minimnya tenaga pengajar untuk lingkungan hidup,” singkatnya. ( SN- Andriadiredja). 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...